[NEWS] Kontroversi Lagu Pierrot dari JYJ oleh KBS

KBS mengungkapkan hasil review lagu  mereka melalui situs web mereka pada tanggal 28 September, di mana mereka mengungkapkan bahwa telah menganggap lagu JYJ “Pierrot” tidak layak untuk disiarkan.

KBS beralasan,

“Ini adalah serangan pribadi terhadap individu.  Liriknya  berisi ‘PSM’ yaitu singkatan dari kata ‘Presiden Lee Soo Man’ (dari SM Entertainment), dan lirik ini  penuh dengan kebencian pribadi terhadap seorang individu.”

 

C-Jes Entertainment  berbicara dengan Star News pada 29 September dan berkata,

“KBS telah sewenang-wenang menafsirkan lagu tersebut bahkan tanpa mengambil langkah  untuk mengkonfirmasi interpretasi mereka.” “Mereka bahkan tidak pernah bertanya apakah itu adalah serangan pribadi terhadap seorang individu tertentu selama proses meninjau lagu tersebut, 

Tidak ada upaya apapun yang mereka lakukan dalam mencoba untuk memahami maksud dari komposer.”

“Juga, kata-kata dari lagu itu tidak ditujukan pada individu .. Sebagaimana dinyatakan dari awal, lagu tersebut adalah tentang mengkritik masyarakat luas, itu jelas bukan tujuan dari lagu tersebut;.

Kutipan lirik lagunya adalah sebagai berikut :

“Saya adalah  Pierrotmu yang lucu. Saya memberi kamu segalanya. Pikiran saya sudah lelah. Tidak ada apapun sebelum uang menjadi sepenuhnya, PSM,  Apa lagi yang  akan kau lakukan padaku. Ambil tangan yang kotor mu dan pergi. tolong jangan pernah menanamkan hal tersebut pada saya. Kami adalah bukan  kami yang kemarin. Jangan mencoba untuk menjebak kita dalam gambaran tingkat seperti itu. Perhatikan baik-baik  dunia, itu sangat indah.  Aku bukan Pierrot. ”

berikut english translatenya : “I’m your pierrot it’s hilarious. I give you everything. My mind is worn out. There is nothing before money for you are a total pro, properly P.S.M. What else are you going to do to me. Take your dirty hand away. Don’t even put up with me. We are not the us of yesterday. Don’t try to trap us in a picture of that level. Take a good look at the world, it’s so beautiful. I’m not a pierrot.”

KBS menafsirkan  lirik mereka menjadi ekspresi dari konflik antara JYJ dan SM Entertainment .. Sebaliknya, SBS dan MBC harus mengambil langkah yang diperlukan untuk mengkonfirmasi cerita dan maksud di balik lagu dengan agency JYJ  dan memutuskan bahwa lagu itu dapat diterima untuk siaran.

agency  JYJ telah mengungkapkan bahwa mereka berencana mengajukan permintaan untuk pemeriksaan ulang dengan penjelasan pada latar belakang lirik tersebut .

JYJ  Kim Jaejoong menulis di Twitter,

“Seseorang memiliki kebebasan untuk membayangkan , Saya  ingin tahu seperti apa imajinasi seperti ini, dan apa hasilnya yang akan keluar, Boss Fighting! Album fighting!”

Pada 30 September, para member JYJ bertemu dengan wartawan untuk  konferensi pers”In Heaven” di sebuah kafe di Jungdong, Seoul. Dalam sebuah wawancara tersebut, JYJ menjawab pertanyaan tentang TVXQ, kontroversi terbaru mereka dengan ‘PSM’, dan harapan mereka untuk masa depan.

Jaejoong mulai,

“Pertama-tama, album ini adalah salah satu yang berisi semua kenangan dan perasaan selama dua tahun terakhir. Ini adalah album yang memiliki banyak parasaan di dalamnya. Ada lagu yang di mana kita menyampaikan perasaan secara jujur

 

serta lagu yang secara langsung dalam mengungkapkan diri kita sendiri. Tidak peduli berapa banyak kita mengungkapkannya, mereka yang telah bersama kita melalui itu semua akan tahu apa yang harus mereka bayangkan saat mendengarkan lagu-lagu tersebut,

sementara masyarakat biasa hanya akan mendengarkan sebagai sebatas lagu. Ini album dengan passcode. Seperti yang saya sebutkan, ini merupakan album yang berisi segala sesuatu yang kita sudah rasakan dan lakukan selama dua tahun terakhir. “

Junsu melanjutkan, “Saya bekerja pada album ini dengan berbicara banyak dengan para anggota lain. Ini adalah album yang menunjukkan warna sejati JYJ. Saya percaya bahwa kita mampu menciptakan suatu hasil yang besar karena kita dianggap sebagai produser yang baik dengan  peluang positif dan pengalaman. “

Jaejoong menambahkan, “Alasan kami mulai kegiatan pribadi kita adalah untuk mendapatkan nama JYJ di luar sana. Sejak tiga dari kita tidak bisa keluar pada program musik, kita tidak punya pilihan selain untuk mendapatkan nama JYJ dikenal secara individual. “

Junsu menyatakan,

“Kami memulai karir kami sebagai penyanyi dan saya berharap bahwa kami akan terus untuk selamanya berjalan menyusuri jalan penyanyi. Karena kita dibatasi di banyak area sebagai penyanyi, kami memutuskan untuk mengambil cara alternatif lainnya. 

Bahkan jika sulit untuk melihat kami di TV, kami mencoba untuk bekerja dengan fans kami dengan melakukan di acara-acara dan pertemuan penggemar, serta event-event kecil lainnya.

Fokus kami adalah menciptakan lingkungan di mana kita bisa berkomunikasi dengan fans kami dan menikmati aspek kinerja bersama-sama. Konser bukanlah hanya sebuah tempat di mana kita menunjukkan apa yang kami ingin tunjukkan, tetapi tempat dimana kita bisa berkomunikasi dengan mereka. “

Ketika ditanya apa arti dari ‘PSM’ dalam lagu mereka ”Pierrot”, Jaejoong menyatakan,“Ini aneh bahwa sebuah lagu yang bahkan bukan merupakan  judul lagu kami  menjadi berita utama di media karena tidak memenuhi peraturan yang ada, tetapi itu sebenarnya cukup menyedihkan. 

SBS benar-benar bertanya kepada kami apa arti dari ‘PSM’ , ini artinya mereka akan memberi kita kesempatan , jika sebenarnya lagu tersebut tidak masalah. KBS, bagaimanapun, bahkan tidak memberi kami kesempatan itu dan hanya menafsirkannya sendiri, benar-benar mengabaikan maksud dari  pencipta lagu . Itu sangat frustasi. ”Ia melanjutkan,

“PSM singkatan dari ‘Performer’, ‘Success’, and ‘Museum’. Setiap orang memiliki masa depan dan semua orang berharap bahwa hidup mereka bisa bersinar. Dalam rangka untuk mencapai itu, bagaimanapun, mereka harus meminjam kekuatan orang lain karena tidak mungkin ada pada diri sendiri. 

Mereka kemudian secara fisik dimanfaatkan oleh sebuah museum yang menciptakan kesuksesan untuk dirimu dan pada waktu kalian akan menemukan diri sendiri untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak ingin kalian lakukan. Ini lagu tentang orang yang menggunakan orang  innoncent yang sedang  mencari harapan. ”
Jaejoong menyatakan, ”Banyak waktu telah berlalu. Waktu yang kita telah habiskan secara terpisah mungkin telah menciptakan banyak kesalah pahaman, tetapi bagi kita, banyak yang telah berlalu. 
Saya hanya berharap untuk kita semua bertemu lagi. Yunho dan Changmin sering hadir dalam mimpi saya . Dan pernah sekali, kita bertiga memimpikan mereka secara bersamaan”
Ia melanjutkan, “Aku masih tidak tau bagaimana menghubungi Yunho dan Changmin.Beritahukan kami cara menghubungi mereka. ”Jaejoong juga mengungkapkan bahwa ia mungkin memiliki kesempatan untuk melihat Yunho. lighting director untuk drama Yunho, ’Poseidon’, juga lighting director untuk ’protect the Bos’. Dia pernah mengatakan kepada saya untuk datang dan mengunjungi setelah pesta selesai. Saya mungkin bisa melihatnya kemudian. ”

Source: MydailyEveryday EconomyWorld Journal via Allkpop

Indotrans : kidihae@koreanindo
CREDITS TO KOREANINDO
oke, tambahan gaje dari gw,,,
Menurut gw pribadi, menjadi fans bukannya mengikuti semua yang idola katakan dan menutup mata serta telinga buat apa yang terjadi di luar. Menjadi fans berarti berdoa untuk idolanya. Menjadi fans memandang masalah dari dua sudut pandang dan tidak menyakiti siapapun. Dalam kasus ini, jika kalian ada Orion, tidak perlu menekankan seberapa suksesnya JYJ tanpa SM dan seberapa diperbudaknya mereka oleh SM. JYJ sudah bebas sekarang. Terlepas dari SM atau bayang-bayang masa lalu mereka. Jika kalian adalah Holyshinki, hey dude, everyone has their own choice to live their life. JYJ telah memilih. Homin juga telah memilih. Mereka hidup dengan cara masing-masing sekarang. Apa manusiawi jika terus saja mengaitkan mereka dengan masa lalu? Bukan berarti mereka tidak ada lag hubungan satu sama lain lagi. Mereka memang bukan five gods from the east lagi. Tapi, mereka akan selalu berteman selamanya. Karena teman bukanlah tentang dimana kau berada dan dengan siapa, melainkan cinta dan kepedulianmu terhadap mereka.
Gw salut sama JYJ, tapi gw juga bangga sama Homin. Dan gw lebih terpesona lagi sama TVXQ. Mereka mungkin bukan lagi orang yang sama. Namun, semua masalah menuntun mereka pada kedewasaan. Tak ada hal yang patut disesalkan. Itu hanya menambah kekecewaan dan kesedihan mereka lalu bertanya-tanya apa keputusan mereka itu benar.
Mereka juga manusia. Bukan hanya musisi yang harus selalu membahagian fans mereka. Sekali-kali, letakkanlah posisi kalian sebagai JYJ dan sebagai Homin. Apa pantas terus menerus kecewa satu sama lain. Waktu 5 tahun bukan waktu yang singkat untuk sebuah persahabatan. Semua itu tidak akan hilang hanya karena masalah hukum atau uang.
Begitulah dunia berjalan. Yang kejam dengan caranya sendiri, dan yang baik juga dengan caranya sendiri. Permainan hukum dan uang memang kotor, namun tidak dengan persahabatan. Dan Cassie, Orion, serta Holyshinki, percayalah, mereka akan selalu bersahabat. Jika mereka tahu kita seperti ini, apa kita tidak membuat mereka bertambah sedih?
Suara yang jujur akan lebih nyaring daripada keramaian. Dengarkan suara hati kalian. Jika kalian adalah manusia dan Cassie, kalian pasti mengerti maksud gw..
So guys, please grown up!!!
Jangan sampe berita kayak gini memancing bashing antara orion dan holyshinki. Lupakah kalian darimana asal kalian?? We are Cassiopeia and/or were Cassiopeia. Bukan berarti kita mesti selalu jadi Cassie, tapi please, hargailah masa lalu mereka. Pas ada berita Homin, JYJ yg disalahin. Pas JYJ kena masalah, Homin dibashing. Bukan gitu cara mencintai seseorang. Aku percaya kita semua punya cara masing-masing. Namun tidak dengan cara menyakiti mereka.
Cassie, Orion, dan Holyshinki yang ada di luar sana.. Mencak-mencak ga jelas, nyebarin hoax, marah-marah di jejaring sosial, atau koar-koar ga ada gunanya. Mending kita semua mendukung mereka dengan cara yang positif. Kasih mereka doa, beli album original mereka, atau cuma say hi di twitter. Percaya deh, itu semua bakal ngebantu banget buat JJ Oppa yang lagi galau…
Sign,
Dylandia Elfyza
By rosazazil Posted in JYJ Tagged ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s