[TRANS] Editorial: “Kembalikan Hak Kewarganeraan pada JYJ!”

JYJ adalah inisial untuk tiga lelaki muda, berbakat, dan tampan – Jaejoong – Yoochun – Junsu yang sangat terkenal di Korea begitu juga di luar negeri. Setelah meninggalkan DBSK karena masalah kontrak yang tidak adil pada Juli 2009 dan bekerja sendiri, mereka telah menjual lebih dari 1.200.000 album. Mereka mengadakan konser di Asia – Eropa – Amerika Utara – Amerika Latin. Mereka juga sangat aktif di drama dan musikal. Tapi hanya beberapa hari setelah siaran dari kehidupan pribadi mereka di televisi, dibatalkan. Mereka telah mendapat kesempatan membawa film dokumenter mereka ke layar lebar. Apalagi, seperti yang diperkirakan, beberapa hari sebelum peluncuran, sisi teater mengumumkan pembatalan film. Manajemen JYJ ‘C-Jes Entertainment’ berkata, “Kontrak untuk pemutaran film dokumenter The Day pada 20 kompleks CGV dari 2 Februari telah disegel. Tapi tidak lama setelah pemberitaan, CGV mengatakan bahwa mereka tidak bisa melanjutkan kontrak.” Setelah itu, kecurigaan dari fans JYJ beralih pada tekanan dari SM Entertainment, manajemen lama JYJ yang masih dalam proses hukum dengan mereka. CGV menyangkal,”Keputusan telah dibuat karena ada masalah dengan prosedur kontrak, tidak ada tekanan dari luar.”

Anggaplah kita percaya dengan penjelasan itu. Kenapa hal-hal yang tidak biasa untuk artis terus terjadi pada JYJ? JYJ tidak bisa tampil di siaran program musik. Juli tahun lalu, JYJ seharusnya tampil di KBS Jeju dan Pulau Jeju. Tapi 4 hari sebelum acara, JYJ menerima pengumuman pembatalan. C-Jes berkata,”Sepertinya hal-hal di luar kendali terjadi pada kami lebih dari 2-3 kali tiap minggu.” Menurut pendapat sebagian besar orang, hal ini terjadi karena penyiar di bawah tekanan setelah KFPCAI (Korea Federation of Pop Culture and Art Industry) milik perusahaan besar yang meminta padamereka untuk melarang aktivitas JYJ. Bahkan 2009 tahun lalu, pengadilan telah memutuskan ‘JYJ harus menjalankan aktivitas hiburan mereka sendiri’, situasi tetap tidak berubah.

SM mungkin ingin memprotes,”Apa kami harus bertanggungjawab atas kelakuan yang tidak sopan?” Bagaimanapun juga, ini adalah masalah kekuatan. SM akan menderita karena kecurigaan terus menerus dari kekuatan perusahaan yang tidak menghentikan perang hukum antara SM dan JYJ. SM, rumah dari K-Pop melahirkan Hallyu global, harus mencari cara untuk menghentikan masalah hukum dengan JYJ. Saya berharap hasil dari investigasi FTC yang telah berlangsung hampir setahun pada SM atas mencampuri aktivitas JYJ diberitakan dengan segera. Jika menghentikan tirani dari perusahaan besar dan membuka kesempatan untuk SME (Small and Medium Enterprises) yang dinamakan Ekonomi Demokrasi, penyembuhan kewarganegaraan sosial JYJ akan menjadi bagian darinya.

Source: Khan News
Translation by: The_little_pear of JYJ3
Shared byJYJ3

Indonesia translation by dylandia@fairytalebeyondreality

DO NOT TAKE OUT!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s