[MIND] Pemilihan Langsung Untuk Belajar

05 bendera-merah-putih

Saya baru sampai di rumah. Baru saja makan, bermain dengan kucing, dan browsing beberapa halaman serta mengintip beberapa profil Twitter, mostly about latest politic news, indirect election.

Mungkin memang sedikit terlambat karena di kos saya, Banjarmasin, tidak ada acara channel Metro TV sehingga saya hanya diracuni oleh TV One—yang untungnya tidak berhasil. Saya pun terlanjur lelah mendengar kicauan para host stasiun TV itu yang penuh dengan paradigma menyesatkan, kalimat ambigu, dan logika yang dangkal sampai akhirnya saya tidak bisa menangkap dengan jelas hasil rapat paripurna DPR beberapa waktu yang lalu.

Continue reading

[MIND] Plagiat Itu Sesat

Tagexdo

Judulnya ngeri ya? Posting kali ini memang akan membahas tentang plagiat yang pernah dan mungkin sedang dan masih dilakukan segelintir penulis abal-abal, khususnya penulis fanfiction. Sebenarnya saya menulis posting ini 2 minggu atau 3 minggu lalu, tapi terus saja lupa untuk mem-publish-nya. Jadi ceritanya ini #latepost gitu lho kayak yang tag di instagram itu.

Dua hari yang lalu, saat saya hampir mati bosan—penyakit menahun mahasiswa yang sedang libur panjang—saya memutuskan untuk membuka Twitter dan scroll down apa yang sedang terjadi di timeline. Tak banyak yang menarik awalnya. Hanya beberapa fanbase K-Pop yang belum sempat saya unfollow, segelintir online shop yang lagi-lagi malas saya unfollow, dan beberapa update dari teman sekampus.

Sebelum memutuskan mencari kegiatan lain untuk mematikan kebosanan yang semakin melelahkan, saya mengetik nama @ikanatassa di kolom Search. Madam penulis satu ini biasanya memiliki memetwit horor, status lucu dan cerdas, atau paling tidak foto lelaki ganteng yang brewokan (I am really into bearded man this day!). Nah, ternyata status awal penulis beberapa novel terkenal ini (by the way, favorit saya A Very Yuppy Wedding) adalah tentang plagiat. Selidik punya selidik, ternyata ada salah satu penulis fanfiction memplagiat salah satu novelnya, Antalogi Rasa. Wah, gilaaaa… langsung melek deh saya, kabur jauh-jauh deh yang namanya bosan, berganti dengan rasa miris dan satu pertanyaan, berani banget ya ini penulis mencatut ide Ika Natassa beserta adegannya sebagai miliknya?

Continue reading

By rosazazil Posted in Mind Tagged

[MIND] So What If They Are Truly Gay?

Okay… Saatnya aku kembali berkoar-koar gaje disini. Sebenernya berita yang mau aku komentarin ini termasuk berita lama sih, tapi bagi Shawols, berita ini masih ‘panas’ sepanas ayam Onew yang baru keluar dari oven.

Nah, baru-baru ini Shawols ‘unyu, imut, dan polos’ dikejutkan dengan gambar ‘Electric Shock’ dari Taemin, Minho, dan Jonghyun. Nih, aku kasih lagi fotonya biar lebih bombastis..

Continue reading

By rosazazil Posted in Mind Tagged